3 Resiko Bisnis Franchise yang Harus Diwaspadai!

a month ago1 min read

Franchise atau waralaba merupakan pilihan berbisnis yang populer belakangan ini. Banyak orang tertarik memulai bisnis franchise lantaran sudah memiliki nama yang terkenal luas. Namun, bukan berarti tidak ada resiko bisnis franchise sama sekali.

Apapun jenis bisnisnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu Pula dengan bisnis waralaba yang mungkin terkesan instan dan mudah pemula lakukan. Padahal, waralaba juga menyimpan sejumlah resiko yang akan dibahas berikut ini. 

3 Resiko Bisnis Franchise

Anda pasti familiar dengan iming-iming bisnis franchise dibawah 5 juta dan nominal lainnya yang digunakan untuk menarik investor.

Di balik bisnis waralaba yang terkenal, ternyata Anda harus mewaspadai resiko yang mungkin muncul sebagaimana berikut.

1. Resiko yang Berkaitan dengan Citra Merek

Kelebihan memulai franchise adalah Anda bisa mendapatkan nama merek yang sudah terkenal. Namun, hal tersebut bisa menjadi resiko ketika ada outlet franchise yang sama mendapat keluhan dari pelanggan dan tersebar di internet. 

Meski keluhan tersebut tidak terjadi pada outlet Anda, tetap saja citra merek bisa terganggu karena kesalahan dari outlet lainnya yang membuat kualitas menurun. 

2. Resiko Keuangan

Resiko bisnis franchise berikutnya adalah berkaitan dengan keuangan. Perlu Anda ketahui bahwa tanggungan yang harus Anda bayarkan bukan hanya pembelian hak waralaba, melainkan juga biaya operasional harian, pemasaran, royalti, dan lain-lain.

Ketika bisnis berjalan kurang lancar, semua tagihan tersebut harus wajib Anda tanggung. Maka dari itu, mengetahui kondisi finansial sebelum memulai waralaba sangatlah penting.

3. Kurangnya Kendali 

Resiko franchise yang berikutnya adalah Anda tidak bisa bebas 100% mengatur bisnis sendiri. Sebab, pemilik waralaba adalah pihak yang mengatur sistem franchise sehingga Anda harus mematuhi aturan yang tertuang dalam perjanjian waralaba. 

Pada dasarnya, keuntungan dan kerugian bisnis franchise adalah dua hal yang tidak mungkin dihindari. Anda tidak bisa menganggap remeh bisnis waralaba karena nyatanya banyak lika-liku yang perlu Anda hadapi. 

Nah, setelah menyimak resiko bisnis franchise di atas, buat Anda yang tertarik dengan waralaba bisa berkunjung ke acara Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) untuk melihat pameran franchise di Indonesia. 

Beberapa franchise terkenal yang hadir antara lain Burger Bangor, Indomaret, Sejuta Jiwa dan masih banyak lagi. Langsung saja follow Instagram @fleixpoid untuk mendapatkan update jadwal dan beli tiketnya melalui website FLEI!

Share this post