Sebagai pemilik brand franchise, Anda perlu tahu strategi promosi waralaba untuk menarik perhatian dan memenangkan hati pelanggan.
Tujuan dari promosi ini bukan hanya agar penjualan meningkat, tetapi membangun brand awareness serta loyalitas pelanggan.
Terlebih pada dunia waralaba yang banyak kemiripan produk atau layanan dari satu merek ke merek lainnya.
Persaingan ketat ini perlu diatasi dengan menyusun strategi promosi usaha yang beda dari kompetitor. Berikut penjelasan lengkapnya.
Baca Juga: Strategi Bisnis Cerdas yang Wajib Dicoba agar Laris Manis
Strategi Promosi Waralaba yang Efektif
Pemilik waralaba perlu memanfaatkan berbagai kanal dan metode promosi yang efektif agar brand mereka stand out di pasaran. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda coba terapkan:
1. Melalui Social Media Marketing
Kini, media sosial telah menjadi salah satu kanal promosi yang paling banyak bisnis gunakan.
Melansir GoodStats, media sosial dengan pengguna global terbanyak 2025 dipegang oleh Facebook (3,049 miliar), YouTube (2,491 M), WhatsApp (2 M), Instagram (2 M), serta TikTok (1,526 M).
Data ini menunjukkan media sosial menjadi kanal yang efektif untuk memasarkan waralaba agar menjangkau pelanggan baru yang potensial.
Anda bisa menyebarkan informasi terkait brand hingga berinteraksi dua arah dengan konsumen.
Baca Juga: Cara Mempromosikan Bisnis secara Digital?
2. Mengoptimasi Website Brand dengan SEO
Strategi promosi waralaba berikutnya adalah mengandalkan SEO untuk membantu website brand muncul di peringkat atas mesin pencari seperti Google.
Praktiknya bisa dengan pemilihan keyword yang relevan, publikasi konten berkualitas sesuai search intent, hingga mempercepat proses loading pada situs web.
Cara ini tidak hanya memberikan kredibilitas pada bisnis, tetapi juga memudahkan calon mitra waralaba menemukan bisnis Anda.
Selain itu, SEO termasuk strategi organik hemat biaya yang bisa ditempuh untuk mendapatkan konversi penjualan.
3. Mengikuti Pameran Franchise
Rencana strategi promosi untuk memperluas jaringan bisnis yang efektif adalah mengikuti pameran franchise.
Keuntungan ikut pameran bagi pemilik brand yakni Anda dapat mempromosikan produk atau layanan, menjalin koneksi dengan profesional, serta menjangkau pasar potensial secara langsung.
Bahkan, Anda berkesempatan untuk menarik minat calon investor dengan menampilkan keunggulan brand.
Tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan keikutsertaan pada pameran adalah mendesain booth semenarik mungkin, melatih tim untuk melayani pengunjung, dan jangan lupa menyiapkan kegiatan interaktif serta diskon khusus bagi pengunjung.
Baca Juga: Cara Membangun Brand yang Kuat agar Mudah Dikenali Pasar
4. Collab dengan Influencer
Selain social media marketing, Anda juga bisa mencoba influencer marketing. Promosi franchise ini akan efektif jika Anda menyasar public figure yang sesuai citra brand serta dapat mewakili identitas merek dengan baik.
Misalnya, Anda mengajak beauty influencer untuk mempromosikan produk kosmetik atau food vlogger untuk mempromosikan produk kuliner.
Nantinya, mereka akan menggunakan platform media sosialnya untuk memamerkan produk Anda, baik dalam bentuk video atau foto. Hasilnya, exposure brand bisa dikenal luas serta meningkatkan keuntungan usaha.
Hal ini juga berdampak pada keputusan calon mitra waralaba saat mempertimbangkan brand Anda.
Jadi, dalam persaingan bisnis waralaba yang semakin dinamis ini, Anda perlu menetapkan strategi promosi yang mampu memikat hati pelanggan. Mulai dari promosi media sosial, mengoptimalkan SEO, hingga mengikuti pameran franchise.
Untuk pameran, Anda bisa mendaftar jadi exhibitor pada FLEI Business Show yang telah mendapat dukungan dari Perhimpunan Waralaba Indonesia sehingga kredibilitas acara terjamin.
Keuntungan ikut pameran ini yaitu Anda tidak hanya memperluas jaringan bisnis tetapi juga berkesempatan bertemu mitra potensial dan calon investor. Update informasi lengkapnya ada di Instagram FLEI.
Bahkan, jika daftar pada bulan Agustus ini, Anda berpeluang meraih #DIMODALINFLEI Rp5 juta per orang untuk 3 orang terpilih. Tunggu apalagi? Yuk, pamerkan brand Anda dengan jadi exhibitor di FLEI 2025!