Hanya terpikir mengandalkan iklan berbayar untuk mempromosikan bisnis? Hmm, cara mempromosikan bisnis berbayar itu memang efektif, tapi sudah jadi old ways to promote.
Katakanlah seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau Google Ads. Ketiganya beberapa tahun belakangan memang jadi strategi yang naik daun. Hasilnya juga bisa cepat.
Tapi, apa jadinya jika biaya iklan ketiganya terus naik dan persaingan makin ketat karena sudah banyak yang menjajalnya?
Jelas, strategi promosimu tidak lagi efektif dan akan makan biaya yang begitu besar. Maka dari itu, coba pertimbangkan cara-cara baru untuk mempromosikan bisnis Anda.
Baca Juga: 8 Bisnis yang Termasuk dalam Kategori Waralaba
Bagaimana Cara Mempromosikan Bisnis secara Digital yang Berbeda?
Apakah Anda sudah siap membahas berbagai teknik promosi secara daring yang berbeda dan anti-mainstream? Sebaiknya, simak di sini:
1. Podcast & Webinar
Benar, pertimbangkan penggunaan podcast dan webinar buat membangun kredibilitas bisnis Anda melalui edukasi.
Untuk cara mempromosikan bisnis lewat podcast, maka bisa pakai cara bahas topik yang related dengan industri yang tengah Anda geluti.
Podcast, bisa membuat bisnis Anda langsung berbagi wawasan dan juga pengetahuan industri yang relevan dengan audiens.
Dengan kata lain, Anda juga berperan sebagai sumber informasi terpercaya dari suatu bisnis. Otoritas usaha Anda dalam bidang atau industri akan meningkatkan kredibilitas di mata audiens.
Sedangkan untuk webinar, sangat mungkin untuk mendapatkan interaksi langsung bersama para audiens. Hal ini jelas menjadi nilai tambah sekaligus bisa jadi sarana mempromosikan produk hingga layanan.
2. Quora & Reddit
Yup, ini juga bisa jadi contoh promosi digital terbaik dan berbeda buat Anda coba. Kalau pakai Quora, Anda bisa mempromosikan produk dengan menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan industri Anda.
Dengan Quora, Anda bisa menunjukkan keahlian sekaligus dapat trafik ke situs bisnis.
Sebagai platform tanya-jawab yang begitu populer, campaign media sosial jelas efektif jika Anda jalankan di sini.
Pasalnya, pengguna mereka itu beragam dan sangat interaktif. Quora, sekaligus bisa jadi ladang paling tepat untuk menjaring audiens yang memang butuh produk atau layanan yang bisa menjawab pertanyaan mereka.
Selanjutnya, cara mempromosikan bisnis yang cukup unik bisa dengan Reddit. Di Indonesia memang sulit, tapi untuk negara-negara yang telah mendapatkan izin akses Reddit, biasanya platform ini juga jadi ladang promosi.
Tugasnya sama, yakni tinggal ikut aktif dalam diskusi yang terjadi dalam Reddit. Tapi, harus sesuai dengan niche bisnis Anda, ya!
Baca Juga: Strategi Bisnis Franchise: Jangan Salah Beli Merk!
3. Email Marketing dengan Personal Touch
Dari macam macam strategi pemasaran digital, ada satu jenis strategi yang akan membuat budget promosi Anda semakin terjangkau, yakni email marketing.
Email marketing, akan efektif jika Anda menerapkan personalisasi yang sesuai. Pasalnya, banyak uraian yang menunjukkan efektivitas email marketing dalam meningkatkan keterlibatan dari pelanggan serta mendorong konversi.
Cara mempromosikan bisnis lewat email marketing, bisa dengan tahap membagi daftar email audiens ke berbagai segmen.
Katakanlah berdasarkan demografi, perilaku, sampai preferensi mereka. Mengapa? Tentu karena Anda butuh untuk mengirim pesan yang jauh lebih relevan.
Benar, personal touch juga bisa Anda peroleh dengan menuliskan nama penerima di baris subjek agar penerima langsung membukanya.
Selain itu, pertimbangkan untuk memakai konten dinamis yang berbeda dalam sekali campaign email. Ini bisa kamu dasarkan ke data pelanggan baik lokasi, minat, sampai dengan riwayat pembelian.
Jangan lupa, kalau mau lebih terpersonalisasi, Anda bisa mengumpulkan atau menganalisis data pelanggan.
4. Pakai Teknik Growth Hacking
Growth hacking? Ini strategi macam apa?
Kalau menyimak definisinya, growth hacking jadi pendekatan inovatif di marketing yang menggabungkan analisis data, kreativitas, dan juga eksperimen buat memperoleh pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Menariknya lagi, sama seperti email marketing, cara mempromosikan bisnis ini juga memerlukan sedikit sumber daya. Startup atau rintisan, baiknya pakai ini biar nggak boncos!
Lantas, seperti apa bentuk growth hacking itu? Banyak! Anda bisa mencoba beberapa cara growth hack ini:
- Buat dan optimasi website dengan SEO sebagai cara mempromosikan usaha di Google.
- Collab dengan influencer yang audiensnya sesuai dengan target pasar dari bisnis Anda.
- Sering-sering kirim bonus ke pelanggan.
- Networking dengan profesional yang berkutat dalam industri bisnis Anda.
- Pertimbangkan penggunaan program referral.
5. Meme Marketing
Pernah lihat video kucing goyang-goyang di atas gedung suatu kantor dan bikin viral akun sosial media perusahaan?
Kalau sudah, Anda mungkin sudah terbayang seperti apa meme marketing itu. Benar, meme juga bisa jadi sarana efektif buat penyampaian merek, tapi bedanya lebih kreatif dari cara-cara biasa.
Intinya, cara mempromosikan bisnis dengan meme marketing ini akan memanfaatkan konten meme. Kontennya bisa berbentuk teks, gambar, ataupun video.
Memang, cukup tricky buat memasarkan produk atau layanan dengan meme. Pasalnya, Anda harus mengetahui seperti apa selera humor dan nilai-nilai dari target pasar Anda, harus up to date sama tren, dan memilih humor yang pas.
Pernah lihat konten Digital Native Vertical Brand (DNVB) Indonesia? Mereka bisa generate ratusan juta rupiah dalam waktu 24 jam.
Mengapa? Salah satu faktor yang mungkin mempengaruhinya adalah konten tulisan mereka yang menarik. Selain tulisan yang ciamik, mereka juga membubuhkan meme di setiap kontennya.
Fun fact, DNVB memberikan tugas pembuatan meme hanya ke divisi atau bagian khusus meme.
Ini harusnya membuat Anda sadar bahwa meme marketing bisa jadi salah satu cara mempromosikan bisnis dengan unik dan berbeda.
Baca Juga: 3 Alasan Bisnis Franchise Sangat Menguntungkan
6. Buatlah Web Series Eksklusif
Pernah nonton series “SORE - Istri dari Masa Depan” milik Tropicana Slim? Itu jadi salah satu cara mempromosikan bisnis secara digital yang begitu unik.
Tropicana Slim yang jadi produsen gula sehat, membuat web series yang mengisahkan ada pria yang didatangi ‘istri dari masa depan’ buat mengubah gaya hidupnya lebih sehat.
Di YouTube, episode pertamanya saja mendapatkan 3,7 juta kali penayangan dan episode 2 sampai 2 juta kali penayangan. Angka yang fantastis, bukan?
Buat bisnis, jelas awareness akan meningkat signifikan, kaitan emosional antara pelanggan dengan produknya juga semakin kuat.
Kalau Anda juga ingin membuatnya, pertimbangkan mini-series episodik yang bisa 5 - 10 menit dalam satu episode. Atau bisa juga cukup panjang sekitar 10 - 30 menit buat menguatkan dampak emosional dalam sekali tayangan.
Saatnya Manfaatkan juga Strategi Ini untuk Bisnis Anda!
Dari pakai podcast sampai web series eksklusif, memang banyak cara mempromosikan bisnis yang unik untuk Anda coba.
Tapi, ada satu cara efektif lain yang bisa Anda coba untuk lebih mengenalkan produk dan jasa secara langsung. Pertimbangkan untuk jadi bagian dari FLEI Business Show sebagai exhibitor.
Dengan ini, maka Anda bisa bertemu calon mitra bisnis hingga investor, bisa mengenalkan bisnis dengan cara yang lebih strategis, hingga dapat akses wawasan terbaru dari dunia franchise & licensing.
Tertarik? Langsung hubungi kami di WhatsApp!