Setiap pengusaha pasti ingin bisnisnya menjangkau pasar seluas-luasnya. Tujuannya untuk memperbesar peluang keuntungan dan menyebarkan kebermanfaatan produk. Tak heran, cara menjangkau pasar menjadi pertanyaan lanjutan.
Memilih cara atau strategi paling efektif sangat Anda perlukan dalam hal ini. Sebab, dalam prosesnya nanti bisa jadi membutuhkan biaya untuk melakukan promosi produk.
Maka, kali ini akan dikupas soal bagaimana cara menjangkau target pasar yang sulit dijangkau. Mungkin ini sudah lama menjadi pertanyaan Anda. Namun, tidak perlu khawatir karena semua ada strateginya.
Baca Juga: Cara Mempromosikan Bisnis secara Digital?
10 Cara Meningkatkan Pangsa Pasar Secara Efektif
Langsung saja, berikut ini adalah 10 cara yang bisa Anda praktekkan langsung agar bisa mendatangkan peluang yang lebih besar:
1. Menganalisis Pasar
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisis karakteristik pasar. Tujuannya untuk mengetahui apa yang sedang pelanggan Anda butuhkan sehingga produk yang ada bisa memberikan solusi paling efektif.
Proses analisis bisa Anda lakukan mulai dari mengamati preferensi pelanggan, data penjualan, tren pasar, sampai kompetitor yang menjual produk serupa. Lewat berbagai informasi tersebut, Anda bisa mengemas produk jauh lebih potensial.
2. Membangun Brand Awareness
Cara menjangkau pasar selanjutnya adalah dengan membangun brand awareness. Meskipun umumnya setiap pengusaha telah melakukan cara ini, tetapi eksekusi yang mereka lakukan masih kurang maksimal.
Inti dari membangun brand awareness adalah memastikan pelanggan bisa mengenal dan memahami tujuan produk Anda.
Pelanggan tidak hanya sekadar tergerak untuk membeli, tetapi juga tahu alasan mengapa harus memilih produk Anda.
Hal ini bisa Anda lakukan lewat beberapa tahapan. Mulai dari menentukan nilai unik produk, membuat konten berkualitas untuk promosi, membangun identitas merek yang kuat, dan sebagainya.
3. Membuat Marketplace Online
Saat ini telah terjadi pergeseran strategi dalam menjangkau pasar global. Apabila sebelumnya orang-orang bisa menjual sebanyak-banyaknya produk lewat offline, maka cara tersebut kurang efektif untuk era internet yang makin masif ini.
Kebiasaan orang-orang belanja lewat offline beralih kepada media online yang memang jauh lebih praktis. Oleh karena itu, Anda wajib membuat marketplace online sehingga jangkauan pasar menjadi tak terbatas.
Agar banyak menarik calon pelanggan, pastikan Anda memasang foto ataupun video yang jelas dan bagus. Jangan lupa aktifkan fitur diskon dan promosi agar lebih banyak mengundang massa.
Baca Juga: 7 Tips Mencari Mitra Bisnis yang Baik dan Terpercaya
4. Bekerjasama dengan Influencer
Hampir semua pengusaha memanfaatkan peran influencer untuk menarik pelanggan. Hal ini wajar mengingat pengaruh influencer bisa sangat masif, terlebih bagi mereka yang punya citra positif dan memiliki pengikut jutaan orang.
Jangan asal memilih influencer. Anda perlu memastikan relevansi brand atau produk dengan citra influencer yang Anda pilih. Selain itu, jangan memaksakan budget demi influencer paling terkenal, bisa berangkat dari influencer tingkat menengah.
5. Melakukan Diversifikasi Produk

Apabila Anda memang sudah melakukan analisis pasar yang mendalam dan memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba diversifikasi produk. Strategi ini memungkinkan Anda untuk meluncurkan produk baru.
Namun, tentu produk baru yang Anda luncurkan di awal jangan terlalu berbeda dengan produk yang sudah ada. Misalnya Anda memiliki produk susu murni kemudian ingin melakukan diversifikasi ke susu kedelai. Itu masih relevan.
Strategi ini apabila Anda mampu menciptakan produk baru yang kreatif akan menjangkau pasar lebih luas. Oleh karena itu, lakukan dulu riset secara mendalam sebelum meluncurkan produk baru.
6. Memanfaatkan Jaringan Distributor
Cara meluaskan jaringan pasar Anda juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan distributor atau retailer lokal yang bisa membantu menjangkau daerah lebih luas. Memang pada awalnya Anda perlu effort mencari distributor terlebih dahulu.
Namun, setelah distributor terbentuk, laju bisnis Anda akan makin cepat. Apalagi jika Anda bisa mencari distributor yang tinggalnya berada pada daerah-daerah di luar jangkauan Anda.
Baca Juga: Cara Ekspansi Bisnis Melalui Sistem Franchise/Waralaba
7. Ikut dengan Komunitas Bisnis
Mengikuti komunitas bisa jadi cara menjangkau pasar yang efektif karena Anda membangun relasi lebih luas.
Dari komunitas tersebut, akan ada beberapa peluang baru yang bisa Anda tangkap.
Misalnya, peluang untuk memperkenalkan produk, mendatangkan investor, atau melakukan kolaborasi dengan brand lainnya.
Selain itu, akan banyak ilmu dan insight berharga yang bisa Anda dapatkan dari para pebisnis lainnya.
Catatannya, Anda perlu memilih komunitas bisnis yang memang sesuai dengan visi perusahaan atau bisnis Anda sendiri.
Jangan memaksakan untuk ikut komunitas yang punya level tinggi sementara Anda masih belum berada pada level tersebut.
8. Manfaatkan Media Sosial Secara Masif
Strategi menjangkau pasar global selanjutnya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan media sosial secara masif. Mulai dari Facebook, TikTok, Instagram, dan lain sebagainya.
Bahkan, Anda bisa memanfaatkan marketplace yang masing-masing platform tersebut miliki untuk mendatangkan keuntungan. Terlebih beberapa platform menyediakan fasilitas penjualan secara live yang bisa mengundang banyak massa.
Agar lebih maksimal, Anda bisa menjadwalkan posting secara rutin dengan kreativitas konten yang tak terbatas. Sekarang juga sudah banyak tools yang bisa memudahkan Anda untuk membuat konten menarik.
9. Mengikuti Pameran atau Event
Cara menjangkau pasar lewat ikut pameran dan event juga sangat efektif. Pasalnya, Anda memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk dengan tampilan yang menarik.
Orang-orang yang datang ke pameran biasanya juga memiliki tujuan yang spesifik untuk mencari produk sehingga ini bisa menjadi peluang yang menarik. PR-nya adalah menemukan pameran yang paling strategis.
Salah satunya adalah FLEI Business Show yang merupakan pameran waralaba berlisensi yang memiliki jangkauan market luas. Anda bisa memanfaatkan event ini untuk makin melejit.
10. Ekspansi ke Lokasi Lain
Terakhir, cara menjangkau pasar lebih luas lagi adalah dengan melakukan ekspansi. Sudah menjadi hal yang alamiah bahwa ketika sebuah bisnis ingin besar, maka perlu adanya perluasan atau pembukaan cabang baru.
Agar ekspansi terjadi maksimal, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari pemilihan tempat baru yang strategis, desain tempat, hingga cara promosi yang efektif untuk daerah tersebut.
Untuk desain penataan produk atau tokonya sendiri tidak harus persis dengan yang sudah ada sebelumnya.
Namun, Anda tetap perlu mempertahankan beberapa ciri khas yang memang telah ada pada toko Anda sebelumnya agar pelanggan bisa tahu.
Daftarkan Bisnis Anda di FLEI Business Show Sekarang Juga!
Tak dapat Anda pungkiri bahwa salah satu cara menjangkau pasar paling efektif adalah dengan mengikuti pameran yang tepat.
FLEI Business Show 2025 menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin segera mewujudkan cara strategis ini. Pelaksanaanya tanggal 25-27 Juli 2025, di Grand City, Surabaya.
Sebagai pameran waralaba yang spektakuler, Anda bisa menjadikannya sebagai wadah untuk saling berkolaborasi, inovasi, dan meraih peluang bisnis. Ini menjadi kesempatan emas karena Anda juga bisa bertemu dengan para kompetitor.
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) atau meluncur ke instagram @fleixpoid. Yuk daftarkan bisnis Anda dengan menghubungi WhatsApp Hotline Business Show!