Bisnis Sendiri vs Franchise, Mana yang Lebih Baik untuk Pemula?

a month ago2 mins read

Selama ini perdebatan antara bisnis sendiri vs franchise memang terasa tidak ada habisnya. Ada banyak orang yang ingin terjun ke dunia bisnis, tapi masih bingung memilih sistem usaha untuk mereka. 

Baik franchise maupun bisnis sendiri, sebenarnya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja? Inilah berbagai pertimbangan sebelum Anda memutuskan lebih baik franchise atau usaha sendiri. 

Perbandingan Bisnis Sendiri dan Franchise 

Ketika berbisnis sendiri, maka segalanya merupakan kewajiban dan tanggung jawab Anda untuk menyiapkannya. Mulai dari modal, lokasi, peralatan berjualan, produk, bahkan sampai untuk kebutuhan training karyawan. 

Di satu sisi, bisnis sendiri akan memberikan Anda kebebasan untuk mengelola usaha. Segalanya bisa Anda jalankan sesuai dengan preferensi. Akan tetapi, kekurangannya adalah rawan gagal dan cenderung lebih sulit. 

Sementara itu, franchise adalah sistem usaha yang menyewa usaha orang lain. Nantinya, Anda harus memberi sejumlah uang kepada pihak penyedia franchise untuk kemudian ditukar dengan set penjualan produk. 

Set penjualan produk ini terdiri dari peralatan, bahan makanan, hingga pelatihan untuk karyawan usaha. Pihak franchisor lah yang akan menyiapkan segalanya sehingga Anda hanya tinggal menyetorkan modal. 

Kelebihan dari franchise adalah strategi yang sudah teruji. Brand usaha yang Anda jalankan pun umumnya sudah terkenal sehingga lebih mudah untuk memasarkannya. Anda pun lebih mudah dalam mengelola bisnis. 

Sayangnya, memang kepemilikan terbatas. 

Lalu, Bisnis Sendiri vs Franchise, Mana yang Lebih Baik? 

Pada akhirnya, bisnis sendiri vs franchise sama-sama menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda lah yang bisa memutuskan mana sistem usaha yang paling cocok dengan preferensi. 

Jika Anda memang lebih menyukai sistem usaha dengan kepemilikan yang penuh dan bebas, maka bisnis sendiri adalah opsi yang tepat. 

Akan tetapi, jika lebih menyukai bisnis dengan strategi yang sudah teruji dan cenderung lebih praktis, maka franchise adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada harus mendirikan bisnis sendiri dari awal.

Booking Tiket Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) Sekarang!

Agar ilmu seputar franchise semakin matang, Anda bisa bergabung dalam acara Franchise & License Expo Indonesia (FLEI). Untuk pembelian tiket, bisa Anda lakukan via website FLEI.

Di acara ini, Anda bisa menjumpai berbagai deretan franchise ternama seperti Indomaret, Alfamart, Kebab Turki Baba Rafi, Nasimura, XI BO BA, dll. Anda bisa mendapatkan ilmu berharga sebelum memulai usaha franchise. 

Jangan lupa follow juga Instagram @fleiexpoid untuk mengetahui update terbaru mengenai jadwal pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI). Yuk, join acaranya sekarang! 

Share this post