Strategi Bisnis Agar Eksis Selama Pandemi

Wabah COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia, khususnya bagi pelaku UKM. Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Afifuddin Suhaeli Kalla, memperkirakan bahwa pengusaha di setiap sektor telah mengalami kerugian hingga 20% sejak adanya kasus pertama korban positif corona di Indonesia.

Untuk meminimalisir kerugian yang terjadi, ada baiknya simak beberapa strategi agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik selama wabah COVID-19:

Periksa kondisi keuangan.

Tidak ada yang bisa memastikan kapan wabah COVID-19 ini akan berakhir. Lakukan pemeriksaan mendalam terhadap kondisi keuangan bisnis Anda.

Periksa status aset dan hutang
Buatlah rincian yang mencakup jumlah asset dan jumlah hutang Anda. Kemudian, kurangi jumlah asset dengan jumlah hutang Anda.

Buatlah business plan baru
Sebagai pelaku usaha, Anda harus selalu dapat mengantisipasi dan beradaptasi terhadap perubahan atau risiko yang mungkin terjadi pada bisnis Anda.

Catat pola pengeluaran
Pengeluaran sendiri terbagi menjadi 4 pos yaitu primer berkaitan dengan biaya operasional, kewajiban berkaitan dengan upah atau gaji pekerja, sekunder, dan investasi.

Lakukan Manajemen Risiko
Guna merumuskan strategi untuk menghadapi potensi kerugian yang mungkin terjadi akibat risiko bisnis, pertama-tama Anda harus menganalisa risiko apa saja yang mungkin terjadi pada bisnis Anda.https://berempat.com/bisnis/umkm/14072/strategi-bisnis-agar-eksis-selama-pandemi/

#FLEI #FLEIexpo #RPE #FLEI2020 #BOF #pameranjakarta #pameranwaralaba #pameranfranchise #franchise #waralaba #strategibisnis #FLEItips #MondayInsight #TuesdayInsight #Tipsandtrick #tipsbisnis #peluangusaha #businessquotes #business #franchisetips #enterpreneur

Leave a Reply