Saat Social Distancing, apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan?

Social distancing di tengah wabah corona Covid-19, menjaga jarak sosial, hindari kerumunan, di rumah saja. Ini yang boleh vs tidak boleh dilakukan.

Boleh Vs Tidak Boleh

Berikut ini seperti dilansir dari https://tagar.id/boleh-vs-tidak-boleh-dilakukan-saat-social-distancing beberapa hal yang bisa dipakai jadi panduan, kapan bisa keluar dan bergaul, kapan sebaiknya diam di rumah. Kuncinya satu: Apakah kondisi tubuh kita sehat? Apakah kita punya gejala sakit?

Saya sehat kok. Enggak pilek, enggak batuk, enggak demam. Boleh ke restoran atau kafe tidak?

Sebaiknya sih tidak.

Tapi, kalau memang sudah bosan banget di rumah, bosan masak sendiri, atau butuh gaul sedikit, sebaiknya cari restoran atau kafe yang tidak terlalu ramai dan posisi duduknya tidak terlalu berdekatan satu dengan yang lain. 

Usahakan ada jarak aman antara Anda dan orang lain sejauh minimal 1,8 – 2 meter. Jangan berbagi makanan atau alat makan, apalagi sok mesra suap-suapan. Jangan ambil makanan orang lain. Dan yang pasti, selalu ingat untuk cuci tangan pakai sabun setiap sebelum dan sesudah makan, setelah ke WC, dan setelah menyentuh permukaan yang kemungkinan tercemar jejak percikan atau cairan orang lain, seperti pegangan pintu, meja, kursi, atau bahkan uang

Jangan lupa, kalau batuk atau bersin, tutup dengan tisu dan buang tisunya segera ke tong sampah, atau pakai bagian dalam siku untuk menutup mulut. Ini adalah tanggung jawab setiap orang untuk menjaga keamanan diri dan keamanan orang lain.

Boleh nge-gym enggak? Takut badan gendut nih!

Mau nge-gym, silakan.

Sekali lagi, jaga jarak aman dengan orang lain. Jangan taruh handuk sembarangan yang memungkinkan kuman menempel. Jangan lupa bawa cairan disinfektan dan tisu buat ngelap semua permukaan yang terkena sentuhan orang. 

Waduh, harus ke supermarket! Jadi parno, kan ramai.

Kalau mau belanja, sekali lagi, cari waktu saat jumlah pengunjung paling sedikit. Jadi bisa saja belanja pagi-pagi pas baru buka, atau malam sebelum tutup. Jangan lupa pakai pelindung yang diperlukan kalau ke supermarket. Eh, iya, zaman sekarang kan bisa belanja online? Kenapa enggak belanja online saja? Jangan lupa bilang sama yang antar barang supaya barang ditinggal di depan pintu saja. Kasih tip bisa secara online juga, kan?

Penumpang duduk di bangku yang telah diberi stiker panduan jarak antarpenumpang di rangkaian gerbong kereta MRT, Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Saya lagi diisolasi, tapi bosan banget di rumah, masa enggak boleh jalan-jalan sebentar?

Bosan di rumah dan mau cari angin, silakan. Tapi pastikan tidak bertemu atau berpapasan orang lain. Jadi, sebaiknya jalan-jalannya di teras rumah saja, enggak usah pakai keluar pintu gerbang, apalagi sampai ke mall.

Source :

https://tagar.id/boleh-vs-tidak-boleh-dilakukan-saat-social-distancing

#FLEI #FLEI2020 #RPE #Reedpanoramaexhibitions #pameranwaralaba #pameranjakarta #tipswaralaba #tipsworkfromhome #tipsWFH #ThursdayInsight #business #tipsandtrick #exhibitions #infopeluangusaha #infobekerja #franchise #franchiseandlicense #quotes #quotesoftheday #quotesthursday

Leave a Reply