Business Knowledge

Mengenal Lisensi dan Fungsinya dalam Dunia Bisnis

Mengenal Lisensi dan Fungsinya dalam Dunia Bisnis Mengenal Lisensi dan Fungsinya dalam Dunia Bisnis

Mungkin beberapa dari Business Seekers yang membaca tulisan ini sudah familiar dengan istilah lisensi. Lisensi ini biasanya berhubungan dengan izin atas hak penggunaan suatu produk atau jasa. Namun, sebenarnya apa itu lisensi? Seberapa penting lisensi dalam dunia bisnis?

Simak penjelasan berikut yang khusus dirangkum untuk Anda.

Pengertian Lisensi

Lisensi adalah pemberian izin atau hak untuk menciptakan suatu produk yang telah dipatenkan sebelumnya. Izin ini diberikan oleh pemilik asli produk tersebut. Adapun hak yang diberikan adalah hak cipta barang, karya, atau lainnya yang bersifat orisinil. Pemberian hak lisensi ini memiliki jangka yang tertuang dalam kontrak antara dua pihak atau lebih.

Sementara menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lisensi adalah izin dari pemerintah atau suatu badan lain untuk melakukan tindakan tertentu dalam menjalankan usaha.

Dalam lisensi, ada yang disebut perjanjian lisensi, yaitu perjanjian ketika pemilik produk memberikan lisensinya kepada pihak penerima. Sehingga penerima ini bisa memproduksi atau memasarkan produk tersebut dengan legal.

Manfaat Lisensi

Lisensi sangatlah penting untuk sebuah perusahaan maupun individu, terutama menyangkut kekayaan intelektual. Lisensi berfungsi untuk mendapatkan perlindungan hukum atas kekayaan intelektual yang dimiliki bagi setiap pelaku usaha. Sehingga orang lain tidak bisa sembarangan mengambil atau menggunakan kekayaan intelektual tersebut.

Jenis-Jenis Lisensi, antara lain sebagai berikut:

1. Lisensi Massal

Lisensi massal banyak ditemukan dalam lisensi software komputer. Pemilik lisensi memberikan kepada perseorangan untuk memakai software komputer tersebut. Lisensi ini tertuang dalam EULSA atau End User License Agreement software. Dalam perjanjian ini, pemakai komputer bisa melakukan instalasi dalam satu komputer atau lebih.

2. Lisensi Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Pemilik lisensi memberikan hak penggunaan software. Pada umumnya, lisensi atas hak kekayaan intelektual memiliki syarat dan ketentuan, wilayah penggunaan, pembaharuan, serta syarrat lainnya.

3. Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter

Selanjutnya, pemilik lisensi memberikan izin kepada individu atau organisasi perusahaan untuk menyalin dan mendistribusikan hak cipta yang mengandung materi seni dan karakter.

4. Lisensi Bidang Pendidikan

Ada juga gelar akademis yang menjadi lisensi alam bidang pendidikan. Misal, universitas memberikan izin kepada individu untuk memakai gelar akademis setelah belajar dalam kurun waktu tertentu di universitas tersebut.

5. Lisensi Merek Barang dan Jasa

Terakhir, ada lisensi yang diberikan kepada individu atau perusahaan supaya barang dan jasa yang dibuat bisa didistribusikan atau dijual oleh penerima lisensi. Penerima lisensi bisa memakai merek dagang tanpa harus takut dikenai tuntutan secara hukum karena telah memperoleh izin dan kesepakatan dari pemilik lisensi.

Contoh Perusahaan yang Memakai Lisensi Perusahaan Lain

Salah satu perusahaan yang memakai lisensi perusahaan lain untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan produk adalah McDonald’s atau McD. Pada tahun 2021 lalu, McD berkolaborasi dengan BTS dengan memunculkan produk BTS Meal. Dengan memanfaatkan lisensi atas produk BTS, McD bisa menarik perhatian konsumen, terutama para fans BTS.

Dengan adanya izin lisensi atas penggunaan merek dari BTS kepada McD, maka pihak McD pun bisa menggunakannya secara legal. Namun, tentu sebelumnya pihak McD harus memastikan terlebih dahulu bahwa merek tersebut sudah terdaftar dalam Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau DJKI. Adapun pemberi lisensi tidak bisa memberikan lisensi merek kepada penerima jika merek tersebut telah berakhir masa perlindungannya atau telah dihapuskan.

Itulah penjelasan mengenai lisensi dan penggunaannya di dunia bisnis. Sebagai pemilik bisnis, penting sekali untuk memahami hal ini agar tidak salah langkah dalam menggunakan produk atau merek tertentu secara sembarangan. Jika tidak, bisa terkena pelanggaran hak cipta dan hal itu tentu akan berurusan dengan hukum. 

Nah, daripada asal ambil dan pakai karya orang lain, mending kerjasama sekalian. Datang aja langsung ke pameran Franchise and License Expo Indonesia karena juga akan diramaikan oleh brand lisensi internasional yang siap menjalin kerjasama!

Penasaran ada brand license apa saja? Yuk, kepoin di Instagram @fleiexpoid ya!


Share this article