News Update

Kabar Baik! Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Digital pada 2023

Kabar Baik! Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Digital pada 2023 Kabar Baik! Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Digital pada 2023

Pada tahun 2023 mendatang, pemerintah telah menetapkan target untuk membuat 30 juta dari 64 juta para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau yang sering disebut sebagai UMKM agar dapat terintegrasi dengan sistem elektronik. Singkatnya, pada tahun 2023, target pemerintah adalah membuat 30 juta UMKM untuk go digital.

Berdasarkan ungkapan dari Luhut Binsar Panjaitan yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, diungkapkan bahwa target tersebut merupakan target yang diberikan oleh Presiden Jokowi demi membantu mendorong tingkat percepatan UMKM, sehingga para pelaku UMKM ini dapat naik kelas.

Berdasarkan data yang ada, sebelum terjadinya pandemi, sudah tercatat sekitar 8 juta pelaku UMKM yang telah go digital. Kemudian, pada tahun 2020 lalu, terjadi pertambahan sebanyak 3,7 pelaku UMKM yang mulai go digital pula. Itu artinya, masih tersisa 18,3 juta UMKM yang harus berusaha agar dapat go digital pada 3 tahun mendatang. Agar dapat mencapai angka tersebut, dibutuhkan 6,1 juta UMKM yang go digital pada setiap tahunnya.

Dalam peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan pada Senin (11/1) secara daring, dinyatakan bahwa pada tahun 2021 hingga 2023, terdapat 6,1 juta UMKM/IKM on boarding yang diupayakan untuk go digital, sehingga pada tahun 2023, dapat mencapai angka 30 juta UMKM.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi merasa optimis dengan target tersebut. Pada tahun 2020 saja, Kementerian Koperasi dan UKM mampu menghasilkan 3,7 juta UMKM yang go digital. Angka tersebut melebihi ekspektasi atau target yang dipasang, yakni sebanyak 2 juta UMKM saja.

Untuk mendukung pelaksanaan dan meraih pencapaian yang diharapkan, Luhut meminta kepada seluruh pihak untuk senantiasa bekerja sama dan fokus pada tujuan yang diidamkan bersama-sama, yakni tujuan untuk menggandeng para pedagang kecil, sehingga mereka mampu melek secara teknologi.

UMKM merupakan bidang yang sangat potensial karena hampir 97% tenaga kerja Indonesia ini diserap oleh UMKM dan 60% di antaranya telah berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto. Jadi, jika setengah saja dari keseluruhan pelaku UMKM ini telah terintegrasi dengan sistem digital, maka roda perekonomian dapat bergerak dengan pesatnya.

Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, kita harus mulai dengan tindakan, bukan sekadar kata-kata semata. Kita perlu mulai memesan, membeli, lalu menggunakan produk hasil cipta karya anak bangsa agar tujuan yang telah ditetapkan tersebut dapat dicapai bersama-sama.

Business Seekers yang bergerak di UMKM sudah siap memasuki era digitalisasi?


Sumber: CNN Indonesia

Foto: Blog Amartha

Share this article