Business Knowledge

Adaptasi Kemajuan Teknologi dan Implementasinya dalam Bisnis

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perkembangan. Berbagai aspek dalam kehidupan bisa dijalani dengan semakin mudah karena adanya teknologi.

Adaptasi Kemajuan Teknologi dan Implementasinya dalam Bisnis Adaptasi Kemajuan Teknologi dan Implementasinya dalam Bisnis

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perkembangan. Berbagai aspek dalam kehidupan bisa dijalani dengan semakin mudah karena adanya teknologi. Misalnya, kemajuan alat komunikasi memudahkan manusia untuk saling berhubungan. Tidak lagi terhalang oleh jarak. Teknologi bisa membuat segala hal diselesaikan dengan mudah, efisien, dan tentu lebih cepat.

Juga pemesanan tiket transportasi, seperti kereta atau pesawat yang bisa dilakukan secara online. Tidak perlu lagi datang ke bandara atau stasiun untuk antre membeli tiket secara langsung. Waktu yang dikeluarkan pun menjadi lebih sedikit dan kamu bisa memanfaatkannya untuk aktivitas lain yang tidak kalah penting.

Dalam dunia bisnis, teknologi tidak kalah pentingnya. Dengan kemajuan saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk memaksimalkan pencapaian bisnis. Misal, dengan adanya kecerdasan buatan atau artificial intelligence, sebuah perusahaan bisa melakukan kontrol jarak jauh, menemukan produk yang cacat, serta mengevaluasi masalah yang terjadi dengan penanganan robot.

Perusahaan atau bisnis harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang tak lagi bisa diabaikan karena sifatnya yang masif dan dipakai oleh semua orang. Hal ini pun akan menciptakan sebuah kebiasaan serta ketergantungan manusia terhadap teknologi. Sehingga dalam kegiatan bisnis pun, teknologi menjadi hal yang begitu krusial. Jika ada suatu perusahaan yang tidak memanfaatkan perkembangan teknologi, bisa jadi perusahaan tersebut akan tenggelam oleh kerasnya persaingan bisnis serta kalah saing oleh kompetitor yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

Kemajuan teknologi akan terus mengalami perkembangan, terutama dengan adanya quantum computing. Teknologi ini bisa menjadi jawaban dari berbagai permasalahan yang dihadapi manusia. Saat ini, teknologi quantum computing memang didominasi oleh negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Jepang, atau China. Adapun beberapa perusahaan yang sudah mengaplikasikan teknologi ini antara lain Intel, Google, dan IBM.

Namun, tentu sebuah perubahan teknologi harus diiringi dengan transformasi dari sumber daya manusia. Setiap pelaku usaha atau bisnis harus beradaptasi dengan mengubah pola kerjanya mulai memanfaatkan teknologi agar bisa bekerja lebih efektif dan efisien.

Berikut adalah beberapa cara untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi, khususnya bagi sebuah perusahaan, bisnis, atau usaha.

1.     Buatlah Budaya Perubahan

Adaptasi terhadap perkembangan teknologi ini bisa diawali dengan memakai platform yang bisa menjadi pusat kontrol. Terutama untuk menciptakan tahap kerja yang bisa terotomatisasi, seperti persetujuan, alur kerja, pengeluaran, serta data kehadiran dan fungsi lainnya. Dengan integrasi, akan sangat membantu sistem kerja di dalam perusahaan. Maka, karyawan pun bisa lebih terbiasa dengan pemakaian teknologi.

2.     Pelajari dan Pahami Teknologi

Sumber daya manusia adalah aspek yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Sumber daya manusia yang berkualitas akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi. Penting sekali bagi sebuah perusahaan untuk memberikan kesempatan serta fasilitas bagi para karyawannya dengan memberi pelatihan serta menyediakan teknologi terkini yang dapat menunjang pekerjaan.

3.     Selalu Lakukan Evaluasi dan Optimalisasi

Ketika memakai teknologi digital untuk berbagai keperluan serta kegiatan kerja, tidak selamanya akan berjalan dengan baik. Tidak dapat dipungkiri, risiko kesalahan atau kegagalan bisa saja terjadi. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya evaluasi dalam setiap proses kerja. Evaluasi ini bisa dilakukan setiap bulan, tiga bulan, atau enam bulan sekali. Tergantung kepentingan perusahaan serta pengukuran besarnya dampak bagi setiap karyawan dan perusahaan. Dari evaluasi ini, hasilnya bisa menjadi bahan untuk melakukan perbaikan serta menciptakan inovasi ke depannya.

Suatu kebiasaan yang menjadi rutinitas bisa menjadi zona nyaman bagi para karyawan. Hal itu, bisa menimbulkan tidak adanya perubahan yang mengarah pada kemajuan atau optimalisasi bisnis. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu ada ruang bagi karyawan dalam melakukan inovasi dan adaptasi dalam pertumbuhan teknologi. Ketika semua karyawan memahami betapa pentingnya pembaharuan serta adaptasi teknologi, perubahan dalam perusahaan pun bisa menjadi lebih mudah, cepat, dan optimal.

Itulah tiga hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk melakukan adaptasi perubahan teknologi. Poin-poin tersebut tentu berguna juga bagi binsis waralaba, kemitraan, dan peluang usaha lainnya.

Jika Anda seorang pelaku usaha, pasti ingin menemukan solusi yang tepat untuk mempermudah bisnis yang sedang dijalani dan tertarik untuk mulai memanfaatkan teknologi terbaru. Maka dari itu, pastikan Anda datang ke pameran Franchise and License Expo Indonesia tanggal 18—20 November 2022 di Jakarta Convention Center. Bersama Retail and Solution Expo Indonesia, pameran ini akan menghadirkan ratusan peluang usaha dan banyak solusi bisnis yang pastinya akan sayang jika dilewatkan.

 

FLEI XIX, #LimitlessOpportunities!

Hotline: 0889 7774 2709 (WhatsApp Only)

Sumber: Portal Binus dan Detik

Share this article