Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Memulai Usaha Sampingan

Dilansir dari entrepreneur.com ada 5 pertanyaan yang harus kalian jawab agar komitmen dan arah bisnis sampinganmu lebih terarah.

Kesibukan apa yang akan kalian tinggalkan?

Kalian memiliki banyak tanggung jawab dan tugas. Bayangkan hidupmu seperti sebuah tas. Kemungkinannya, sudah begitu penuh sehingga kalian hampir tidak bisa menutupnya.

Jika kalian menambahkan membangun bisnis, kalian tidak akan dapat menutup tas – jangan pernah mencoba mengambilnya dan membawanya bersama kalian.

Satu-satunya solusi adalah melepaskan sesuatu yang kurang penting pada saat ini. Jika kalian tidak dapat meninggalkan pekerjaan kalian, kalian harus mengurangi waktu yang kalian habiskan di tempat lain.

Apakah kalian bersedia memotong waktu yang kalian pesan untuk “waktu henti” kalian sendiri atau berhenti mengatakan ya untuk permintaan orang lain? Bagaimana dengan melewatkan sesi menonton pesta di depan layar? Kalian bahkan mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengurangi waktu yang kalian habiskan bersama teman-teman.

Setiap orang mendapat jumlah jam yang sama dalam sehari. Merealisasikan ulang milik kalian adalah satu-satunya cara untuk membangun bisnis saat kalian masih bekerja penuh waktu.

Apakah kalian memiliki passion dengan bisnis sampingan?

Memulai bisnis tidak mudah, terutama ketika kalian menambahkannya ke dalam aktivitas yang sudah kalian berikan dalam pekerjaan rutin setiap harinya.

Kalian harus benar-benar bersemangat tentang bisnis sampingan. Jika kalian ingin sukses, kalian harus mencintai bahkan proses membangun mimpi itu dari bawah ke atas.

Ini pertanyaan sederhana namun sangat penting. Jika kalian tidak dapat membayangkan diri kalian mengerjakan ide bisnis kalian dan menyukainya 10 tahun dari sekarang, kalian perlu ide lain.

Apakah sumber daya, termasuk keuangan sudah siap?

Dalam membangun bisnis sampingan ada banyak persiapan yang harus terlaksana. Beberapa persoalan dalam membangun bisnis seperti apakah ada modal, uang tunai. Atau mungkin kalian memiliki modal lain seperti jaringan yang cukup baik untuk saling bekerja sama membangun website hosting.

Jawab pertanyaan ini dengan hari-hati dan catat setiap aset yang dapat kalian gunakan untuk bisnis sampingan kalian.

Siapa pelanggan ideal kalian?

Membuat kriteria pelanggan adalah langkah penting untuk membantu mengkomunikasikan pesan kalian dengan jelas. Ibaratnya berdiri keluar dari keramaian dan terhubung dengan orang-orang, karena kalian sudah ‘mengenal’ mereka.

Membuat profil terperinci (alat isi-kosong-dapat membantu) untuk menggambarkan demografi mereka, karakteristik mereka dan motivasi mereka.

Berapa kisaran usia mereka? Apakah gender itu penting? Dapatkah kalian menemukan penelitian untuk mendukung pendapat kalian sebelumnya tentang psikografi mereka? Lakukan apa saja untuk menemukan apa yang mereka sukai, buku apa yang mereka baca dan apa yang membangunkan mereka di malam hari.

Solusi apa yang akan kalian tawarkan?

Apa motif kalian karena ingin menyelesaikan masalah ini, dan apa yang mungkin sudah kalian coba?

Misalnya, jika bisnis kalian menawarkan strategi penurunan berat badan untuk mahasiswa, solusi masalahnya mengurangi lemak tanpa merusak gaya hidupnya. Motif pelanggan potensial mungkin mereka yang ingin terlihat menarik saat kencan.

Membuat skenario masalah atau solusi yang jelas membuatnya lebih mudah untuk membangun basis penggemar mengoceh yang merasa seolah-olah Anda berbicara langsung kepada mereka.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/tips-bisnis-jawab-5-pertanyaan-ini-sebelum-memulai-usaha-sampingan-1smPSDfhSsb

Leave a Reply