Bisnis Waralaba Masih Menjanjikan Peluang Manis di Tahun 2021

Bisnis Waralaba Masih Menjanjikan Peluang Manis di Tahun 2021
Bisnis Waralaba Masih Menjanjikan Peluang Manis di Tahun 2021

Tahun baru, semangat baru bagi para pegiat bisnis untuk menumbuhkan bisnisnya lebih besar lagi melalui berbagai peluang. Salah satu yang diprediksi maish akan memberikan peluang keuntungan dan sukses di tahun 2021 ini adalah bisnis waralaba atau franchise

Pertumbuhannya bisnis waralaba di Indonesia saat ini yang cukup signifikan. Berdasarkan data dari International Franchise Attractiveness dari University of New Hampshire Amerika Serikat yang dikutip Litbang Kompas, dengan jumlah penduduk mencapai 267 juta jiwa, Indonesia mempunyai daya tarik potensi pasar di peringkat kelima dunia dari total 131 negara. Indonesia juga berada di peringkat sepertiga teratas daya tarik waralaba atau franchise yang menjadikan peluang bisnis ini cukup menjanjikan. 

“Bisnis franchise merupakan salah satu pilihan yang memiliki peluang cukup besar. Selain dapat membantu ekspansi bisnis, franchise juga dapat membantu untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan waktu yang relatif singkat,” ujar Donny Pramono Ie, CEO & Founder Sour Sally Group dalam acara ShopeePay Talk dengan tema “Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise”.

Dalam kesempatan yang sama, Tjoek Widharyoko, CMO PT Otewe Maju Bersama yang menaungi Bakwan Day, Kopi Yor, OTW Food Street, Ropang OTW, Tahu GO menambahkan “Langkah awal dalam memulai bisnis franchise adalah melihat minat, kebiasaan masyarakat dan peluang agar bisnis yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bahkan menjadi solusi kehidupan sehari-hari.” 

Bisnis yang berada di bawah naungan PT Otewe Maju Bersama misalnya, berangkat dari kebutuhan konsumen akan makanan dan minuman yang enak, unik dengan harga terjangkau. Terbukti, dalam waktu singkat Bakwan Day sukses mencuri perhatian dan menjadi favorit konsumen. Melalui franchise, kini Bakwan Day sudah tersedia di 75 gerai dan akan terus berkembang.

Bisnis franchise dapat menjadi salah satu langkah bagi pemilik bisnis untuk memperluas jangkauan brand agar dekat dengan pelanggan. Namun, untuk dapat terus berkembang dan memperluas jangkauan bisnis, pemilik usaha harus terus melakukan inovasi pada produk dan layanan yang sesuai dengan trend yang ada dan kebutuhan konsumen. 

Keuntungannya, melalui bisnis franchise, pemilik usaha dapat membangun jaringan bisnis dengan waktu yang relatif singkat namun dengan modal, risiko dan investasi SDM yang minim.

Untuk masuk ke bisnis waralaba, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan, yaitu mempersiapkan modal yang merupakan penggerak utama, meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, memilih SDM yang sesuai kriteria, serta memanfaatkan teknologi seperti pembayaran digital yang cashless dan contactless.

Dengan menggabungkan teknologi pembayaran digital misalnya, Donny mengaku dapat menjangkau lebih banyak konsumen melalui lebih dari 250 gerai Sour Sally Group yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Menurut Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan dengan mengadopsi pembayaran digital di setiap gerai franchise, ShopeePay bisa mendorong traffic secara online dan offline dengan merata ke seluruh gerai yang berada di lokasi terjauh sekalipun. 

Juga tak kalah penting dipersiapkan pemilik usaha dalam mengembangkan bisnis waralaa adalah membangun sistem pengelolaan franchise yang sederhana, namun konsisten. Karena sistem franchise membutuhkan standar kualitas produk dan layanan yang sama di setiap gerai walaupun dikelola oleh franchisee yang berbeda. Dengan begitu, bisnis franchise akan lebih mudah dipahami dan dijalankan oleh para franchisee. 

Source : Femina.co.id

Newsletter

Enter your email address to subscribe our notification of our new post & features by email.