Asiknya Mengembangkan Bisnis Waralaba, Ini Keuntungannya

Memulai bisnis kemitraan atau waralaba bisa dibilang mudah. Banyak fasilitas yang telah tersedia dalam menjalankan bisnis ini.

Bisnis kemitraan atau waralaba diuntungkan dengan adanya mitra. Bisnis-Bisnis seperti waralaba burger, kebab, minuman teh, mie ayam, laundry, apotek, agen tiket, pengiriman surat/paket, MLM, dan sebagainya bisa berkembang pesat karena bisa bermitra dengan banyak pihak.

Mengapa bisa berkembang pesat?

Hal ini dikarenakan sumber dayanya berasal dari banyak orang. Bukan hanya kita sendiri, seperti sistem cabang.

Oleh sebab itu, mengutip buku ‘buku 1/2 Karyawan 1/2 Bos: 33 Jurus Sukses Berbisnis Kala Masih Kerja’ oleh Supardi Lee dan Noval Ramsis, inilah keunggulan mengembangkan bisnis dengan waralaba atau kemitraan. Maka, bagi kita, mitra-mitra seperti ini adalah sumber:

1. Modal Pengembangan Bisnis

Mitra-mitra ini hadir dengan modalnya. Bekerja sama dengan kita, pasti bisa kita bisa lebih berkembang. Di sinilah letak pentingnya mitra bisnis.

2. Pasar Utama Bisnis Kita

Mitra bisnis pasti membutuhkan berbagai hal, seperti bahan baku, bahan tambahan, alat-alat, dan sebagainya. Kita sebagai pemilik bisnis utama bisa menyediakan semua kebutuhan mitra kita itu. Maka, bisa saja bisnis kita burger, tapi kita juga membuat dan menjual gerobak pada mitra-mitra bisnis. Selain itu, setiap hari mitra bisnis ini membutuhkan daging, sayuran, roti dan sebagainya. Kita bisa dan harus menjadi pemasoknya.

3. Solusi Ketika Ada Masalah

Mitra bisnis berhadapan langsung dengan konsumen. Maka berbagai masalah bisa diselesaikan oleh mereka sendiri tanpa harus sampai ke kita.

Tentu ini untuk masalah-masalah yang kecil Untuk masalah besar, sebaiknya kita juga ikut turun tangan menyelesaikannya.

4. Kepercayaan Publik Ketika Mitra-Mitra Ini Puas

Kepuasan itu menular bila mitra-mitra bisnis kita puas. Efek positifnya, mereka akan bercerita kebaikan kita kepada kenalan-kenalannya.

Promosi dari mulut ke mulut, ini promosi bisnis kita yang sangat kuat dan gratis. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk bisa memuaskan para mitra-mitra bisnis.

5. Persaudaraan

Hubungan baik yang terus terjaga membentuk ikatan batin persaudaraan yang kuat. Jumlah saudara dan jejaring bisnis kita akan semakin banyak dari waktu ke waktu seiring dengan banyaknya mitra bisnis kita.

https://economy.okezone.com/read/2020/02/22/320/2172647/asiknya-mengembangkan-bisnis-waralaba-ini-keuntungannya

Leave a Reply