6 Hal Penting yang Perlu Diketahui Seputar PSBB Jakarta

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta resmi diberlakukan pada Jumat 10 April 2020 besok. Surya.co.id merangkum dari sejumlah sumber tentang 6 hal-hal yang perlu diketahui selama PSBB Jakarta:

1. Berlangsung 14 Hari

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan seluruh aktivitas perkantoran dihentikan sementara selama masa PSBB berlaku, yakni 14 hari kedepan.

Aturan ini telah tercantum dalam pasal 9 Pergub nomor 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (covid19) di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta .

2. Bekerja di rumah

Terkait pembatasan aktivitas pekerja di tempat kerja, diberlakukan penghentian sementara aktivitas di kantor, aktivitas di tempat kerja, dan kegiatan ini wajib diikutin dengan kegiatan bekerja dari rumah (pasal 9 Pergub 33/2020).

3. Instansi Khusus Boleh Tetap Operasi

Yang boleh operasi: instansi pemerintahan, kantor perwakilan diplomatik dan organisasi internasional, BUMN/BUMD dan usaha pada beberapa sektor. Seperti kesehatan, pangan, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, konstruksi, Industri strategis, pelayanan dasar dan utilitas publik serta industri, dan sektor swasta yang melayani kebutuhan sehari.

4. Proyek Tetap Jalan tapi Karyawan tak boleh keluar

Sektor konstruksi boleh jalan, semua pekerja harus berada dalam lingkungan pekerjaan atau proyek serta tidak keluar masuk. Pengelola peroyek memiliki kewajiban menyiapkan tempat tinggal sehingga mereka tidak harus meninggalkan lokasi proyek konstruksinya.

5. Mobil dan Motor boleh Jalan untuk keperluan mendesak dengan syarat:
Pengemudi mobil dan motor boleh jalan dengan syarat:
a. untuk kebutuhan makanan dan angkut barang
b. Mobil hanya berisi separo kapasitas kursi
c. Motor tidak boleh berboncengan.

6. Beli Makan Bawa pulang
Restoran, warung, toko tetap boleh buka asal tidak dikonsumsi ditempat. Intinya tidak boleh ada kerumunan.

https://surabaya.tribunnews.com/2020/04/10/ini-6-hal-penting-yang-perlu-diketahui-seputar-psbb-jakarta.

Leave a Reply