3 Cara Agar UKM tetap bertahan saat Pandemi Covid-19

3 Cara Agar UKM Tetap Bisa Bertahan Saat Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 membawa dampak sangat besar di berbagai sektor, termasuk ekonomi. Namun, dampak virus Corona ini juga dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk menciptakan peluang usaha sendiri yang bisa dimulai di masa sulit ini.

Saat ini perilaku belanja masyarakat semakin mengarah pada layanan daring untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi transaksi luring. Terbukti dari hasil riset Kantar pada Februari 2020 yang menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belanja daring sebesar 32 persen karena perubahan perilaku masyarakat yang mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Berikut adalah cara untuk memulai dan mempertahankan bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) di tengah pandemi COVID-19 :

  1. Lakukan inovasi produk berdasarkan kebutuhan

    Permintaan masker kain yang meningkat selama pandemi membuat banyak brand fashion pun banting setir menciptakan produk-produk yang diinginkan masyarakat. Membuat inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu strategi untuk bertahan di tengah pandemi.
  • Tetap perhatikan standar kualitas produk

    Mempertahankan kualitas produk salah satunya adalah memastikan produk dikirim dalam keadaan baik ke tangan konsumen.
  • Maksimalkan layanan pengiriman hari yang sama

    Bisnis UKM di jalur daring harus dibarengi dengan kebutuhan layanan logistik. UKM dapat memanfaatkan layanan pengiriman dalam hari yang sama agar produk bisa diterima secara cepat oleh konsumen.

https://tirto.id/3-cara-agar-ukm-tetap-bisa-bertahan-saat-pandemi-covid-19-fqeg

#FLEI #FLEItips #FLEIinfo #FLEI2020 #RPE #Tipsbisnis #TipsUKM #business #businesstips #waralaba #franchise #peluangusaha #peluangbisnis #pameranjakarta #pameranfranchise #pameranwaralaba #Tipsandtrick #franchiseandlicenseexpoindonesia

Leave a Reply